Senin, 30 Mei 2011

Khawatir tidak bertemu Nabi saw kelak karena mempunyai banyak harta

Abu Ubaidah bin Jarrah ra terlihat menangis ketika ia dikunjungi oleh salah seorang kawannya. Tanya kawannya, “Mengapa engkau menangis, wahai Abu Ubaidah?”. Jawab Abu Ubaidah, “Aku menangis dikarenakan aku ingat sabda Nabi saw yang berkata, “Kelak akan dibukakan pintu kekayaan bagi umatku wahai Abu Ubaidah, sebaik-baiknya harta yg kamu miliki adalah tiga budak, seorang membantumu, seorang lagi menemani kamu dalam perjalananmu, dan seorang lagi melayani keluargamu, sebaik-baik kendaraan yang kamu miliki ada tiga, seekor untuk kamu tunggangi, seekor lagi untuk mengangkut barangmu, seekor lagi untuk keperluan keluargamu,” sedangkan kini aku memiliki banyak budak dan banyak kendaraan, sehingga aku khawatir kalau aku tidak dapat bertemu dengan Rosulullah saw kelak, sebab Rosulullah saw telah bersabda, “Seorang yg paling aku cintai dan paling dekat dengan aku kelak adalah seorang yang tidak memiliki harta kekayaan apa pun sebagaimana ia berpisah denganku” (Kehidupan Para Sahabat Rosulullah saw, 2003)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar