Senin, 30 Mei 2011

Takut tidak bertemu Nabi saw kelak karena banyak harta

Ketika Muawiyah ra mengunjungi Abu Hasim bin Utbah yang sedang sakit, maka didapatkan ia menangis. Kata Muawiyah, “Wahai paman, apa yg menyebabkan kamu menangis, apakah kamu sakit ataukah kamu takut meninggalkan dunia?”. Jawab Abu Hasim, “Tidak, aku tidak sakit dan aku tidak takut untuk meninggalkan dunia, tetapi kami pernah diperintah Rosulullah saw, namun kami tidak dapat melaksanakannya”. Tanya Muawiyah, “Apa yg diperintahkan Rosulullah saw kepada kalian?”. Jawab Abu Hasyim, “Aku pernah mendengar Rosulullah saw bersabda, “Sebaik-baik harta yang kamu miliki adalah seorang pembantu dan sebuah kendaraan yang dapat dipakai berjuang fisabilillah, sedangkan aku telah mengumpulkan kekayaan sebanyak ini, karena itu aku takut bila aku tak akan bertemu dengan Rosulullah saw di akhirat kelak” (Kehidupan Para Sahabat Rosulullah saw, 2003)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar