Senin, 30 Mei 2011

Menangis karena banyak harta

Ketika Salman ra sakit, maka Sa’ad ibnu Abi Waqas ra mengunjunginya. Disaat itu dilihat salman sedang menangis. Tanya Sa’ad, “Wahai saudaraku, mengapa engkau menangis, bukankah engkau telah menjadi sahabat Rosulullah saw. Bukankah engkau akan menemui beliau di tepi telaga Kautsar dan bukankah engkau termasuk orang yang diridhai oleh beliau ketika beliau wafat?”. Jawab Salman, “Bukannya aku menangis disebabkan aku takut kematian, akan tetapi Rosulullah saw telah menyuruh kami sesuatu, namun aku tidak dapat melaksanakannya. Karena itu aku takut akan hal itu”. Tanya Sa’ad, “Apa yg disuruh oleh Rosulullah saw sedangkan kamu tidak dapat melaksanakannya?”. Jawab Salman, “Bukankah Rosulullah saw telah bersabda, “Sebaik-baik harta yang kamu miliki adalah sebanyak perbekalan seseorang yang hendak bepergian”. Sedangkan aku kini memiliki harta yang berlimpah ruah, karena itu aku merasa berdosa kepada beliau” (Kehidupan Para Sahabat Rosulullah saw, 2003)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar