Jumat, 18 Februari 2011

Kesabaran Ibrahim bin Adham

Dikisahkan bahwa, pada suatu hari, Ibrahim bin Adham  pergi ke suatu tempat di padang pasir, dan berjumpa dengan seorang tentara yang menegurnya: "Engkau seorang hamba/budak?" "Ya" jawab Ibrahim. Orang itu bertanya lagi: "Dimana tempat yang dihuni orang banyak?". Mendengar itu, ibrahim menunjuk ke tempat pekuburan. Orang itu mengulangi lagi pertanyaannya: "Yang saya tanyakan adalah tempat yg banyak penghuninya!" Jawab Ibrahim: "Itulah pekuburan". Merasa dipermainkan, tentara itu menjadi marah dan memukul kepala Ibrahim dg sebuah cambuk, sehingga menyebabkannya terluka dan berdarah. Lalu dikembalikannya ke kota dan berjumpa dg para pengikutnya. Mereka menanyakan: "Apa yg terjadi?" Tentara itu memberi tahu mereka mengenai pertanyaannya serta jawaban yg diterimanya. Orang-orang itu menjelaskan: "Ini adalah Ibrahim bin Adham!". Mendengar itu si tentara terkejut dan segera turun dari kudanya, lalu mencium kedua tangan dan kaki Ibrahim, sambil meminta maaf darinya.

Setelah itu beberapa orang menanyakan kepada Ibrahim, "Mengapa anda mengatakan kepadanya bahwa Anda seorang hamba/budak?" Jawab Ibrahim: "Ia tidak menanyakan kepadaku: "Hamba siapa anda?" tetapi bertanya : "Apakah anda seorang hamba/budak?" Maka aku pun menjawab "Ya". Karena aku adalah hamba ALLAH. Dan ketika ia memukul kepalaku, kumintakan surga baginya dari ALLAH SWT". Seorang dari mereka bertanya, "Mengapa? Bukankah ia telah menzalimi anda?". Jawab Ibrahim : "Aku tahu bahwa aku akan memperoleh pahala karena (bersabar atas) perbuatannya itu. Maka aku tak mau bagian yang kuperoleh darinya berupa kebaikan (pahala), sedangkan bagian yg diperolehnya dariku berupa keburukan (dosa karena telah memukulnya)". (Al-Ghazali)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar