Kamis, 20 Januari 2011

Sholat mencegah perbuatan keji dan mungkar

ALLAH SWT berfirman, "dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar". (Al-Ankabut 45)

Subhanallah, jadi siapapun yang shalatnya tidak mampu mencegah dirinya dari perbuatan mungkar dan keji, sesungguhnya shalat yang dilakukannya itu hanya sebatas rutinitas belaka dan olahraga. Memang benar, dia telah melakukan sholat tapi akhlaknya tidak bertambah baik.

Dalam hadist qudsi, ALLAH SWT berfirman, "Aku hanya akan menerima shalat dari orang yang tawadu' (rendah hati) karena keagungan-KU, tidak menyombongkan diri didepan hamba-hamba-KU dengannya (shalat). tidak melakukan maksiat secara terus-menerus, mengisi waktu siangnya dengan mengingat-KU (berdzikir), berbelas kasih kepada orang miskin, ibnu sabil, para janda dan orang yang tertimpa musibah". (HR Zubaidi)

Lihat pada dirimu, jika shalat yang kamu lakukan belum bisa membuat dirimu menyayangi orang lain, maka shalatmu belum memberi pengaruh positif secara sempurna pada dirimu. (Akhlak Mulia, 2008)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar