Minggu, 16 Januari 2011

Turun 1 derajad karena 1 buah kurma

Ibrahim bin Adhan ra berkata, "Suatu ketika aku bermalam di bawah batu di Baitul Maqdis. Ketika malam telah larut, dua orang malaikat pun turun. Malaikat yang pertama berkata kepada temannya, "Siapakah orang yang ada disini?". Malaikat yang kedua menjawab, "Ibrahim bin Adham".  Malaikat yang pertama berkata, "Inilah orang yang oleh ALLAH diturunkan satu derajad dari tingkatannya". Malaikat yang kedua bertanya, "Mengapa demikian?". Malaikat yang kedua menjelaskan, "Karena dia telah membeli kurma di basrah, kemudian jatuh satu butir kurma milik pedagang buah kurma ke atas kurmanya". Ibrahim berkata, "Kemudian aku berangkat ke basrah, aku membeli buah kurma dari lelaki itu, dan aku menjatuhkan sebutir kurma ke atas kurmanya, lalu aku kembali ke Baitul Maqdis dan aku tidur dibawah batu itu. Ketika telah larut malam, tiba-tiba dua orang malaikat turun dari langit dan menghampiriku. Salah seorang dari mereka bertanya, "Siapa yang ada disini?". Temannya berkata, "Ibrahim bin Adham". Salah seorang dari mereka berkata, "Orang ini telah mengembalikan benda itu ke tempatnya, maka derajadnya telah ditinggikan"". (al-Ghunyah; Syaikh Abdul Qadir Jailani, 2010)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar